Are You a Zetizen?
Show Menu

6 Cara Menjaga Persahabatan Jarak Jauh

Zetizen Zetizen 19 Jul 2016
6 Cara Menjaga Persahabatan Jarak Jauh

 

Awalnya “Kita sama sama terus yaa!”

Kemudian “Eh ketemuan yuk, long time no see banget kita”

Lama lama “Dia apakabar ya sekarang?”

 

Zetizen.com – Lulus dari sekolah itu emang menyenangkan sekaligus menyedihkan. Iya, senang karena belajar kerasmu selama bertahun tahun akhirnya berbuah manis, tapi sedih karena itu berarti kamu harus pisah dengan sahabat sahabatmu. Apalagi kalau kalian akhirnya berpencar ke berbagai kota yang berjauhan. Wah, kalau udah begini, perlu usaha yang nggak kecil buat mempertahankan persahabatnmu. Tapi nggak usah khawatair, menjaga LDF (long distance friendship) supaya tetap akrab itu mugkin kok! Coba aja ikutin tips berikut. (bustle/allwomenstalk/fhr/giv)

 

Keep in Touch

Persahabatan itu ibarat tanaman yang harus terus dipupuk supaya tetap hidup. That’s why, komunikasi adalah cara paling tepat buat menjaga persahabatnmu tetap akrab. Untungnya, di zaman sekarang, teknologi udah sangat membantu kamu tetap terhubung meski berada di tempat berjauhan. Coba aja bikin group chat, e-mail, atau bahkan conference call secara rutin sama sahabat sahabatmu. Selain seru, pastinya kamu bakal jadi tetap udpate dengan kegiatan sahabatmu dimanapun mereka berada.

 

Jangan Nunda Ketemuan

Kebiasaan mager alias malas gerak bikin banyak anak zaman sekarang jadi suka bikin wacana ketemuan yang akhirnya nggak ditepati. Well, kalau kamu mau persahabatanmu tetap langgeng, kamu nggak boleh kayak gitu ya. Selalu sempatkan waktu untuk ketemu atau sekedar hangout bareng setiap ada kesempatan. Nggak usah alasan nggak ada waktu ah, libur kuliah kan biasanya berbulan bulan tuh lamanya. :p

 

Hindari Jealous

Jangan posesif! Baru ngelihat sahabatmu foto seru seruan sama teman barunya aja udah baper minta ampun. Kalau cuma gara gara gitu aja kamu langsung merasa tergantikan, berarti kamu sama aja nggak percaya sama persahabatan kalian. Jeleknya lagi, gara gara perasaan jealous ini kamu bisa aja lama lama malah jadi ngerasa malas sama sahabatmu itu. Parah kan?  

 

Liburan Bareng

Enaknya kuliah itu libur antar semesternya cukup lama, bisa sampai 2 bulan. Maka dari itu, alangkah baiknya kalau liburan yang durasinya bikin kantong cepat kempes ini kamu manfaatkan buat liburan atau travelling bareng sama sahabat sahabatmu. Yaa, ala ala film 5cm gitu deh. Dijamin, hubungan yang sempat renggang karena lama nggak ketemu pasti bakal erat lagi deh!

 

Make them feel special

Entah se-cakep, se-hits, atau se-asyik apapun teman barumu di kampus, jangan sampai kamu ngelupain sahabat sahabatmu gitu aja. Gimana pun juga, mereka lah yang menemani hari-harimu sebelumnya.

Bikin mereka selalu ngerasa spesial. Misalnya dengan ngasih surprise saat ulang tahun, main main ke rumahnya buat main bareng atau ngasih jokes jokes dan ucapan lewat chat bisa jadi gesture yang bikin kalian makin betah sahabatan.

 

Yakin Sama persahabatan Kalian

Apapun yang terjadi sama persahabatan, keraguan itu munculnya dari kalian sendiri yang menjalani. So, yakin lah sama persahabatan kalian. Yakin lah kalau si dia bakal tetap ingat dan nggak bakal berubah, begitu pun kamu. Ingat, kalau ada yang lebih langgeng dari cinta, itu adalah persahabatan.

RELATED ARTICLES

Please read the following article