Are You a Zetizen?
Show Menu

Aquascape, Dari Hobi Jadi Profesi

Zetizen Zetizen 16 Jul 2016
Aquascape, Dari Hobi Jadi Profesi

 

Zetizen.com – Edi Winarto, seorang aquascaper asal Surabaya, telah membuktikan kalau Hobi aquascape bisa menjadi karir menjanjikan. Hobi berkebun dalam air itu ternyata memberikan pendapatan yang nggak sedikit. Gimana nggak, satu set aquascape siap pajang bisa dijual hingga Rp 12 juta! “Dulu saya sering dapet orderan-orderan gitu. Lama-lama kok makin banyak. Akhirnya, sekarang saya buka toko sendiri,” ujarnya.

 

Yap, aquascape bikinan Edi sekarang bisa ditemukan di Toko Dewa Air, tepatnya di Pasar Ikan Gunungsari, Surabaya. Meski terlihat simpel, meniti karir di bidang aquascape itu nggak bisa sembarangan. Nggak hanya dari sisi keindahan, akuarium harus bisa menjadi habitat ideal bagi ikan dan terumbu karang di dalamnya. Untuk itu, pengetahuan tentang kehidupan di dalam akuarium harus dimiliki.

 

Elemen utamanya itu pupuk, cahaya, dan CO2. Yang penting tiga itu. Sisanya tergantung imajinasi dan inspirasi dari alam. Biasanya, pelanggan request desain tertentu. Lalu, saya menerapkan dan mengembangkannya,” jelas Edi.

 

Setelah desain dan habitat selesai, masih ada yang harus diurus. Yaitu, tanaman alga yang sering muncul dengan sendirinya dan merusak pemandangan aquascape. Menghilangkan alga itu paling gampang kalau habitat udah mature (stabil) dan itu butuh 6-8 bulan. Tapi, biasanya diakali dengan menambahkan ikan dan udang tertentu yang memang pemakan alga,” imbuh Edi.

 

Hasil <a href= Aquascape Edi" width="1000" />
MEMBANGGAKAN: Karya Edi pernah masuk 100 besar lomba Aquascape tingkat internasional.

 

Oh ya, membuat aquascape juga jadi prestis membanggakan tersendiri loh buat Edi. Sebab, salah satu karyanya pernah masuk 100 besar lomba aquascape tingkat internasional! “Alhamdulillah. Meski nggak juara, lumayan bisa 100 besar internasional. Beberapa kali pernah juga 500 besar,” kenangnya.

 

So, jangan anggap remeh hobimu. Bisa aja Hobi itu bakal jadi sumber penghidupanmu di masa mendatang. Semangat, guys! (fhr/rat)

 

RELATED ARTICLES

Please read the following article