Are You a Zetizen?
Show Menu

Cyclotron, Sepeda Futuristik ala TRON

Zetizen Zetizen 12 Jul 2016
Cyclotron, Sepeda Futuristik ala TRON

 

Foto-foto: Cyclotron Cycles

 

Zetizen.com - Sepeda merupakan alat tranportasi paling long-lasting berdasarkan bentuknya. Nah, gimana jadinya bila nuansa futuristik seperti di film sci-fi diaplikasikan pada sepeda? Pasti, tampilan dan fungsinya juga makin modern seperti pada Cyclotron Bike. Masih dalam tahap prototype, cyclotron bike ciptaan Cyclotron Cycles ini bakal dirilis Juni 2017.

Terinspirasi dari kendaraan motor pada film TRON (2010), sepeda ini tak memiliki jeruji pada rodanya dan menggunakan ban polymer hampa udara. Tampilan futuristiknya berkat rangkaian LED yang terintegrasi dengan sensor dan gearbox elektronik. Penggunaan serat karbon sebagai material Cyclotron membuat bodi kendaraan kokoh namun tetap ringan. cyclotron bike dapat dimodifikasi dengan menambah aksesori keranjang dan dua tempat duduk sehingga memungkinkan dinaiki tiga orang.

 

 

Sumber listrik LED yang memberi kesan futuristik berasal dari baterai lithium-ion. Baterai itu dapat bertahan selama 8 jam selama di-charge melalui stop kontak atau dinamo dalam sepeda. Semua fungsi sensor, LED, dan control lain dikendalikan melalui aplikasi Cyclo App dalam smartphone yang terhubung dengan 10 sensor sepeda melalui Bluetooth.

Aplikasi tersebut juga merekam kebiasaan penggunanya bersepeda. Alhasil, aplikasi itu dapat merumuskan pengaturan otomatis dan menampilkan informasi detail seperti kecepatan, jumlah kalori yang terbakar, permasalahan pada sepeda, dan lain-lain.

 

 

Sepeda prototipe ini masih dalam tahap penggalangan dana di Kickstarter. Mengenai harga, untuk versi 12-speed manual sekitar Rp 130 juta.Sedangkan versi 18-speed manual berkisar Rp 190 juta. Versi electronic geared dibanderol Rp 373 juta. Harga yang cukup fantastis untuk satu sepada futuristik ini. (gizmag/the awesomer/ndy/sam)

RELATED ARTICLES

Please read the following article