Are You a Zetizen?
Show Menu

Toyota Produksi Mobil Kayu Setsuna

Zetizen Zetizen 05 Jul 2016
Toyota Produksi Mobil Kayu Setsuna

 

Zetizen.com – Saat produsen otomotif berlomba menampilkan produknya dengan tampilan futuristik dan modern, toyota justru berani tampil beda. Di ajang milan design week 2016, pabrikan otomotif Jepang ini menghadirkan mobil roda 4 dengan body berbahan kayu. Wih!

Dinamai Setsuna, mobil ini terbuat dari beragam kayu yang telah disesuaikan dengan kekuatan dan fungsinya. Komponen kayu terdapat di bagian panel bodi, rangka, lantai, hingga jok mobil. Setsuna adalah produk hasil kerjasama toyota dan perusahaan ahli kayu Sumitomo Forestry.

Pada bagian panel bodi, Setsuna menggunakan 85 kayu cemara Jepang. Sedangkan kayu birch yang terkenal kuat untuk bagian rangka, dan kayu dari pohon zelkova untuk bagian jok. Agar desain terlihat menarik, toyota mengkombinasikan beberapa komponen berbahan alumunium pada bagian penutup roda (wheel cap), roda kemudi serta pada frame kursi mobil. 

 

Credit: Toyota

 

Uniknya, Setsuna sengaja tampil dengan konsep retro klasik ala mobil tua. Sebab, proses penggabungan seluruh bahan kayu dilakukan dengan teknik tradisional Jepang yang disebut Okuiari. Yaitu pemasangan panel kayu tanpa menggunakan baut, mur dan paku. 

Pada interiornya toyota menyematkan model jam dengan sistem penanggalan hingga 100 tahun ke depan, guys. Dilansir dari laman Toyota, alasan dipilihnya beragam material kayu ini karena kayu nggak mengalami perubahan bentuk dalam waktu yang lama. Perubahan tekstur dan warna alami kayu yang terjadi nantinya juga malah jadi nilai seni tersendiri.

Dilansir dari Carscoop, Kenji Tsuji selaku penanggung jawab proyek pembuatan Setsuna mengatakan pihaknya bekerja keras untuk mengembangkan ide mobil kayu ini. “Karena menggunakan kayu sebagai bahan utama, kami menghabiskan banyak waktu bersama tim kerja. Kami membuat prototype dan mengevaluasi Setsuna, hingga mobil ini bisa menawarkan performa dalam bentuk rasa nyaman dalam berkendara,” ujar Kenji Tsuji.

Meskipun belum diproduksi massal untuk komersil, Setsuna direncanakan akan dibekali sumber tenaga berupa motor listrik untuk pengoperasiannya. Well, kita tunggu aja ya waktu perilisan mobil kece ini. (Carscoop/Toyota/bel/ver)

 

RELATED ARTICLES

Please read the following article