Are You a Zetizen?
Show Menu

Kenapa Belajar Bahasa Asing itu Harus?

Zetizen Zetizen 04 Jul 2016
Kenapa Belajar Bahasa Asing itu Harus?

Zetizen.com - Ngomongin soal bahasa asing, kebanyakan orang pasti langsung terpikir tentang bahasa Inggris. Emang sih, bahasa inggris itu bahasa asing yang sangat penting. Tapi bukan berarti bahasa asing lain jadi nggak penting. Malah, kemampuan berbahasa asing selain inggris udah mulai jadi tuntutan di era globalisasi kayak sekarang. Selain itu, 4 fakta berikut ini juga jadi alasan kenapa kamu sebaiknya menguasai lebih dari satu bahasa asing. check it out! (lifehack/telegraph/fhr/giv)

 

Peluang Kerja

(foto: career junction)

 

Nggak bisa dimungkiri, persaingan di dunia kerja saat ini udah semakin keras. That’s why, kamu nggak bisa Cuma mengandalkan nilai akademik mu aja untuk meraih profesi impian. Banyak soft skill lain yang nggak kalah penting, kayak kemampuan berbahasa asing misalnya. Saat kamu menguasai sebuah bahasa yang nggak banyak dikuasai orang, udah pasti itu jadi nilai plus buat kamu diantara pesaingmu. Belum lagi kalau ternyata pekerjaanmu bisa jadi lebih mudah gara gara kamu menguasai bahasa itu.

 

Makin Cerdas

(foto: bandmark)

 

Mempelajari bahasa baru secara ilmiah terbukti efektif meningkatkan IQ. Ini karena otak kita terbiasa menerima informasi baru, yang berarti terus belajar dan berkembang. Jadi jumlah bahasa yang dikuasai sebanding sama perkembangan kecerdasan orang itu. Nggak cuma itu, bisa banyak bahasa membuat memori kita terlatih sehingga mengurangi peluang terkena penyakit Alzhemeier (pikun).

 

Jadi Jago Multitasking

(foto: shouldwe)

Hayo siapa diantara kalian yang jago multitasking (melakukan beberapa pekerjaan sekaligus)? tentu belum semuanya. FYI, belajar bahasa baru itu ternyata otomatis meningkatkan kemampuan kita dalam multitasking lho. Ini karena otak terbiasa menukar struktur dalam bahasa ketika kita menerjemahkan. Maksudnya, pola yang terjadi di otak itu sama antara orang yang jago multitasking dan orang yang jago bahasa asing.

 

Makin Kece

(foto:hufffingtongpost)

 

Yap, pintar bahasa asing membuat kamu lebih kece pada berbagai macam hal. Contoh simplenya, kalau kamu bisa bahasa Prancis, kamu kan jadi bisa bisa update foto pake caption bahasa Prancis yang jelas benar dan nggak kacau kayak hasil Google translate. Atau kalau udah lebih jago lagi, bisa aja nyepik nyepik gebetan pakai bahasa Prancis yang romantis. Ya kan?

Udah gitu, kamu juga bisa lihat film tanpa subtitle atau menikmati lagu yang orang lain nggak ngerti artinya. Ini berguna banget loh. Apalagi kalau tiba tiba si doi jadi nanya nanya ke kamu tentang arti sebuah lagu atau kalimat yang nggak dia mengerti di sebuah film. Kesempatan banget kan?

 

Anyway, apapun alasannya, mempelajari banyak bahasa baru nggak akan pernah merugikan kamu. So mager less, open-mind more!

RELATED ARTICLES

Please read the following article