Are You a Zetizen?
Show Menu

Manfaat Positif Crafting, The New Yoga

Zetizen Zetizen 10 Jun 2016
Manfaat Positif Crafting, The New Yoga

Zetizen.com - crafting alias kerajinan tangan emang jelas identik sama kreatifitas. But did you now, kalau selain bagus buat mengasah kreatifitas, banyak manfaat positif lain dari kegiatan yang satu ini loh. Bahkan, crafting disebut sebagai the new yoga. Sebab, efek yang ditimbulkan mirip dengan manfaat meditasi dari yoga. Nah, manfaat apa lagi ya yang bisa kita dapat saat melakukan crafting? Simak yang berikut (mindbodygreen/dhs/giv)

 

 

Mental Challenge

 

Nggak perlu harus melakukan latihan atau olahraga berat, crafting juga bisa menghasilkan mental challenge yang bisa memacu pikiran bahkan adrenalinmu. Misalnya saat kamu akan membuat scrapbook. Tentunya, banyak tantangan dan masalah yang harus kamu selesaikan untuk mendapatkan hasil yang sempurna kan?

 

Problem Solving

(yogareachout)

Crafting juga bisa melatih otak kita menjadi lebih solutif loh. Sebab, tiap tantangan yang muncul akan membutuhkan kreatifitas dan kemampan berfikirmu untuk bisa menemukan penyelesaian. Dalam membuat sebuah kerajinan, masalah kayak cara menyatukan komponen sampai cara merangkai benang rajutan hingga menjadi suatu pola yang diinginkan pastinya bakal selalu perlu untuk diselesaikan kan?

 

Social Connection

 

Secara nggak langsung, kegiatan crafting juga membantu kita membangun link dengan sesama loh. Apalagi jika hobi ini dilakukan dengan berkelompok. Sebuah penelitian yang dilakukan di Inggris menunjukan bahwa melakukan hobi crafting secara bersamaan mampu meningkatkan rasa bahagia pada seseorang. Sebab, nggak hanya mengasah skill crafting mu, kegitan berkelompok juga akan mengasah skill komunikasi dan koordinasi dengan sesama yang penting dalam kehidupan sosial.

 

Melatih Kefokusan dan Kesabaran

(countryliving)

Dalam sebuah kerajinan tangan, kualitas dan detil adalah hal yang utama. Nggak salah kalau kegiatan yang satu ini menuntut ketelitian tinggi. Makanya, crafting bakal cocok banget buat kamu yang ingin melatih konsentrasi dan kesabaran.

 

Mengasah Kreatifitas

philanthtopedia)

Nggak perlu ditanya lagi kalau crafting mampu melatih kreatifitas seseorang. Hal ini sangat penting kita miliki. Sebab, kondisi otak yang baik adalah yang memiliki keseimbangan antara otak kanan dan kiri. So, buat yang selama ini lebih fokus dengan hal-hal berbau rumus, teori, dan lain sebagainya, coba aja mulai belajar crafting buat membantumu mengaktifkan otak kanan.

 

Fakta fakta diatas juga diakui Knitting Therapist asal Inggris, Betsan Corkhill yang telah membuktikan bahwa dengan merajut mampu menimbulkan rasa senang bagi seseorang. “Merajut memiliki manfaat sikologis dan sosial yang signifikan. Dan dapat membantu untuk meningkatkan kesejahteraan serta kualitas hidup seseorang,” ujarnya, dilansir dari Mind Body Green.

 

RELATED ARTICLES

Please read the following article