Are You a Zetizen?
Show Menu

Ilmuwan Temukan Kayu Transparan Pengganti Kaca

Zetizen Zetizen 26 May 2016
Ilmuwan Temukan Kayu Transparan Pengganti Kaca

 

Zetizen.com – Perubahan iklim yang makin parah membuat inovasi terhadap benda benda ramah lingkungan makin gencar dilakukan. Hal itu lah yang membuat sekelompok ilmuwan dari University of Marland berhasil menemukan sebuah terbosan baru. Ya! Mereka baru saja menciptakan kayu transparan yang mirip kaca.

Bentuknya yang transparan dan bahannya yang lebih kuat dari kayu biasanya, membuat material ini disebut sebut dapat menggantikan kaca di masa depan.

Dalam pembuatannya, kayu mirip kaca ini dibentuk lewat dua langkah utama. Pertama, lignin atau zat yang terkandung dalam kayu dibuang secara kimiawi. Langkah ini sama dengan cara yang dilakukan oleh pabrik pembuat kertas. Kedua, pembuluh kayu disuntik dengan epoksi yang berfungsi untuk menguatkan struktur dalam kayu.

 

Kayu yang telah diproses bisa berubah jadi transparan (foto: nairaland)

 

"Serat kecil yang terbentuk di dinding pembuluh kayu membuat benda itu menjadi kokoh. Untuk yang pertama kalinya kami dapat menjaga struktur kayu dan membuatnya menjadi transparan dan secara bersamaan menguatkannya," ujar Dr Liangbing Hu dari Departemen Sains Material dan Teknik di University of Maryland, dilansir dari Daily Mail.

Uniknya, meski berbahan dasar kayu, rupanya sifat dari material yang satu ini udah banyak berubah. Kalau biasanya kayu dikenal sebagai material isolator alias nggak bisa menghantarkan panas dan listrik dengan baik, maka material kayu transparan ini berlaku sebaliknya. Ia justru memiliki kemampuan transmisi listrik dan panas yang baik sehingga bisa digunakan dalam aplikasi listrik seperti sel surya.

"Jendela yang terbuat dari kaca menjadi masalah besar pada musim panas dan dingin, mereka memiliki kemampuan isolasi panas yang buruk. Jika menggunakan kayu transparan ini, jumlah cahaya yang diserap akan lebih tinggi dan efisiensi meningkat menjadi 30 persen," tambah Dr Liangbing Hu. (CNN/dailymail/dhs/giv)

RELATED ARTICLES

Please read the following article