Are You a Zetizen?
Show Menu

4 DJ Ini Buat EDM Lebih Seru Dengan Kolaborasi Vokal

Zetizen Zetizen 23 May 2016
4 DJ Ini Buat EDM Lebih Seru Dengan Kolaborasi Vokal

Zetizen.com EDM alias Electronic Dance Music sebelumnya emang lebih dikenal sebagai musik nge beat yang mengandalkan suara suara elektronik untuk membentuk melodi. Namun, makin kesini, semakin banyak musisi EDM yang mencampurkan vocal line kedalam komposisi musik EDM miliknya. Dan ternyata, komposisi semacam itu, sukses besar menarik audience yang sebelumnya masih awam mengenai EDM.

Pasti nggak lupa kan gimana hits nya single ‘Clarity’ keluaran Zedd atau ‘Like a G6’ nya Far East Movement beberapa tahun silam? Nah di tahun ini, rupanya genre EDM ber vokal ini makin mainstream dan dinikmati. Banyak nama produser besar yang akhirnya merilis karya terbarunya dalam bentuk Kolaborasi dengan berbagai penyanyi. Berikut beberapa diantarnya (dhs/giv)

 

The Chainsmokers

thechainsmokers

Melejit lewat single ‘#Selfie’, duo DJ Andrew Taggart dan Alex Pall ini menjadikan Kolaborasi vokal sebagai elemen besar dalam hampir tiap karya nya. Style mereka itu mendapat sambutan baik lewat single Roses yang vokal yang dibawakan ROZES.

Nggak salah kalau di EP terakhirnya, ‘Boquet’, Seluruh track nya memiliki vocal line yang dibawakan oleh berbagai penyanyi. Salah satu lagu yang berjudul ‘Don’t Let Me Down’ yang lirik vokalnya dinyanyikan oleh Daya bahkan disebut sebagai karya terbaik yang pernah mereka buat.

 

Calvin Harris

realtor

Kesuksesan single We Found Love pada 2011, membuat Calvin Harris kembali memilih untuk melakukan Kolaborasi dengan penyanyi yang sama yaitu Rihanna. Kekasih Taylor Swift tersebut, kembali mengajak Riri kerja sama untuk single This Is What You Came For yang rilis pada 29 April lalu. Single tersebut digadang-gadang bakal sesukses We Found Love loh.

Saking excitednya, Kolaborasi itu bahkan hanya punya waktu 2 minggu sebelum masuk waktu perilisan. Iya, Calvin dan Rihanna baru mendapat ide tersebut saat berada di backstage Coachella saat baru saja tampil bersama membawakan lagu We Found Love.

 

Zedd

youredm/rukes

Setelah tampil bersama Kesha di Coachella, Zedd rupanya mendapat banyak inspirasi. Bersama penyanyi yang hits dengan lagu Tik-Tok tersebut, Zedd  kembali meluncurkan single "True Colors” yang bernah ia luncirkan pada tahun 2015. Namun kini Zedd mengaransemen ulang albumnya tersebut lengkap dengan alunan suara khas dari Kesha.

Karya Kolaborasi Zedd denganberbagai vokalis emang hampir nggak perlu diragukan kualitasnya. Seperti pada karyanya denga Selena Gomez di ‘I Want You to Know’ yang sempat viral hingga lagu berjudul “Candyman” hasil Kolaborasi dengan Aloe Blacc yang mampu mencapai kesuksesan dengan 3 miliar views.

 

Jack U

runthetrap

Nggak tanggung tanggung, duo DJ bernama Jack U ini mengajak sang superstar, Justin Bieber, untuk berkolaborasi bersama. Yap, lewat lagu “Where Are You Now” mereka mampu menciptakan Kolaborasi yang terbilang sukses. Lagu itu bahkan memenangkan kategori Best Dance Recording Grammy Awards.

Nggak hanya itu, lagu ini bahkan sampai dianugrahi Recording Industry Association of America (RIAA) dengan platinum. Lewat pengaruh dari aransemen EDM Jack U pula, lau-lagu Justin Bieber selanjutnya jadi lebih kental dengan sentuhan EDM. Berbeda jauh sama lagu sebelumnya yang terasa lebih pop.

 

RELATED ARTICLES

Please read the following article