Are You a Zetizen?
Show Menu

Origami Robot: Berubah seperti Transformer dalam Organ Pencernaan

Zetizen Zetizen 18 May 2016
Origami Robot: Berubah seperti Transformer dalam Organ Pencernaan

 

Zetizen.com – Bukan nggak mungkin kalau di masa depan nanti semua hal bisa dilakukan dengan bantuan robot. Sebab, kali ini giliran ilmuwan dari Massachusetts Institute of Technology (MIT), University of Sheffield, dan Tokyo Institute of Technology baru saja mengenalkan Origami Robot pada 15 Mei 2016 lalu.

Robot itu bisa masuk ke organ pencernaan dan bisa mengeluarkan benda-benda asing yang nggak sengaja kita telan loh. Origami Robot dibuat karena rata-rata ada 3500 kasus baterai berbentuk kancing tertelan manusia tiap tahunnya di Amerika Serikat. Baterai itu bisa terjebak di dinding lambung atau bergesekan dengan esophagus dan membakar pencernaanmu. Ngeri!

Yep, Origami Robot emang berukuran kecil dan bahkan berbentuk seperti kapsul atau gummy candy. Pengguna harus menelan kapsul yang dapat dicerna itu. Nah, ketika sudah sampai di perut dan meleleh, kapsul akan mengembang seperti Transformer dalam film dan dapat diarahkan ke organ pencernaan yang bermasalah. Dikontrol oleh medan magnet eksternal, origami Robot bakal mengeluarkan benda asing dalam pencernaanmu. Tepat! Origami Robot bisa dicerna loh!

 

“Ini merupakan penemuan yang sangat menarik karena telah tercipta Robot yang mampu mengerjakan tugas penting untuk dunia kesehatan. Tantangannya adalah kami harus benar-benar bisa mengontrol Robot ini agar bisa bekerja dengan baik di dalam tubuh,” ujar Daniel Rus, ketua proyek penelitian MIT, dilansir dari Telegraph. Rus juga menambahkan bahwa Origami Robot terbuat dari material Biolefin Biodegradable yang bisa memanas atau mulai bekerja saat memasuki leher manusia.

Nah, untuk menguji origami Robot agar dapat bekerja baik, para ilmuwan memasukannya pada sebuah replika organ pencernaan manusia. Sebelumnya, mereka lebih dulu memasukkan cairan air lemon yang menyerupai cairan asam lambung. Hebatnya, Origami Robot berhasil keluar dari dalam replika organ pencernaan dengan membawa benda asing yang berupa baterai. Yuk simak cara Origami Robot bekerja! (independent/telegraph/gizmag/dhs/sam)

 

 

RELATED ARTICLES

Please read the following article