Are You a Zetizen?
Show Menu

3 Hal Penting Buat Kamu yang Mau jadi Fashion Designer

Zetizen Zetizen 18 May 2016
3 Hal Penting Buat Kamu yang Mau jadi Fashion Designer

 

Zetizen.com – Tren yang makin beragam bikin profesi keatif kayak fashion designer jadi makin diminati. Nah, mumpung lagi musim cari kuliah, kayaknya nggak ada salahnya buat kamu yang suka sama dunia fashion buat mempertimbangkan karir sebagai fashion designer. That being said, buat kalian yang minat lanjut ke jurusan fashion design, yuk simak 3 tips dari harumi Davita, Designer sekaligus owner Bobababe berikut. (dhs/giv)

Baca Juga : Harumi Davita : Geluti Passion jadi fashion Designer

Cari Referensi Sekolah fashion Design

Tempat kalian menuntut ilmu nantinya menjadi aspek yang paling penting. So, tentuin dulu sekolah desain mana yang akan kalian pilih. Beberapa sekolah desain luar negeri seperti Academy of Art San Francisco, fashion Institute of Technology New York Parsons Paris, dan Bunka fashion College Jepang bisa banget jadi pertimbanganmu. Pelajari fasilitas serta kurikulum fashion yang mereka berikan disana.

Tapi bukan berarti sekolah desain yang bagus Cuma ada di luar negeri loh. Indonesia juga punya banyak sekolah fashion design yang nggak kalah keren. Bedanya, kalian bakal punya saingan yang lebih banyak. Jadi pastikan kalau sekolah pilihanmu itu udah terkenal dan juga punya banyak alumni ternama. Selain itu, yang terpenting adalah, selalu siapin portofolio desain yang pernah kalian buat.

Kenali dan Cintai Basic-nya

Sebagai profesi yang butuh kreatifitas tinggi, pasti banyak tantangan yang bakal kalian hadapi semasa belajar. Jadi, biar nggak keteteran saat menjalani kuliahnya, coba aja pelajari pengetahuan dasar yang bakal diperlukan semasa kuliah. Misal, teknik menggambar postur tubuh model peraga pakaian. Hal itu penting, soalnya, kamu harus bisa memastikan hasilnya proporsional dan sesuai dengan ukuran tubuh orang pada umumnya.

Sebagai gambaran, dalam merancang pakaian, kamu perlu mempertimbangkan banyak hal. Terutama penampilannya dari berbagai arah. Yaah, minimal dari sisi depan dan belakang. Nah, bisa bayangin nggak tuh kalau misal disuruh bikin 30 desain outfit, otomatis total gambar yang dibuat harus 60 kan?

"you need to be very very passionate to survive in a fashion school" - harumi Davita

 

Choose Your Style

Sama seperti seorang penyanyi atau pemain musik, kalian harus punya genre ketika terjun ke dunia fashion design. Saat menempuh pendidikannya nanti, kamu bakal dapat mata kuliah tentang sejarah fashion. Dari situ, kamu bisa menentukan genre dan style fashion kayak gimana yang kamu banget. Buat pengenalannya nanti bakal ada dua tipe rancangan yang bakal kalian buat.

Keduanya adalah Couture dan Ready to wear. Baru tau kan? That’s why, penting banget buat kalian untuk baca-baca dulu mengenai history dari macam-macam rancangan. Karena pada intinya, i can say about fashion school is that “It is not a place for anyone who expect to be 'nyantai' or 'kepingin sekolah yang gampang'”. Pesanku sih, you need to be very very passionate to survive in a fashion school!!

RELATED ARTICLES

Please read the following article