Are You a Zetizen?
Show Menu

Bareng UGM, Google Kembangkan Text-to-Speech Berbahasa Jawa

Zetizen Zetizen 04 May 2016
Bareng UGM, Google Kembangkan Text-to-Speech Berbahasa Jawa
 

Zetizen.com - Dalam beberapa minggu kedepan, google akan melakukan kerjasama dengan Universitas Gajah Mada khususnya Fakultas Ilmu Budaya-nya untuk menjalankan proyek terbaru mereka, Project Unison. project unison merupakan proyek penelitian google untuk membuat suara text-to-speech secara lebih efisien untuk bahasa yang sebelumnya belum banyak di support.

Google meminta bantuan UGM untuk mengumpulkan rekaman kata serta kalimat dalam bahasa Jawa. Tujuannya untuk membuat model bahasa yang lebih baik bagi masyarakat Indonesia penutur bahasa Jawa yang menggunakan produk-produk Google. Nantinya, potongan kalimat ini akan disintesis dan digunakan untuk membuat suara berbahasa jawa pertama pada smartphone Android.

Keuntungannya? Pengguna smartphone bahasa Jawa akan bisa menggunakan voice input pada smartphone serta mendengarkan smartphone membacakan kembali teks dalam bahasa Jawa lewat fitur text-to-speech. Harapannya, 80 juta pengguna bahasa Jawa di Indonesia bisa berinteraksi dengan smartphone mereka secara lebih alami dan mendorong untuk lebih mengembangkan budaya jawa di dunia maya.

FIB UGM telah menyediakan ruangan dan peserta pengumpulan data suara. Selama di UGM, peneliti google juga akan mengajarkan kepada mahasiswa disana cara menggunakan teknologi dan data google yang dapat diakses secara terbuka, dan mengajak banyak orang dari berbagai penjuru Indonesia untuk mengikuti workshop. Well, nice project, Google! (dhs/giv)

RELATED ARTICLES

Please read the following article