foto: Youtube (Falcon Pictures)

Zetizen.com - Menjelang dirilis bulan Januari 2018, film Dilan 1990 memancing para penontonnya dengan merilis trailer pada tanggal 13 Desember kemarin. Dalam video berdurasi dua menit tersebut, Iqbaal Dhiafakri yang memerankan Dilan tampil gahar dalam balutan jaket jeans dan motor Honda CB 100. Sementara itu, Vanesha Priscilia tampil anggun sebagai Milea. Dibalik trailer tersebut, ternyata terdapat beberapa fakta menarik loh. Yuk simak!

Iqbal Dipilih Karena Pintar

foto: Youtube (Falcon Pictures)

Sehari setelah trailer dirilis, sosial media langsung dibanjiri dengan hashtag #DilanBandel. Alasannya, publik merasa kecewa dengan penampilan Iqbaal sebagai Dilan yang dirasa terlalu ‘baik’ dalam memerankannya. Padaal, dalam novel karya Pidi Baiq tersebut, Dilan digambarkan sebagai anak yang sangat nakal. Akhirnya, banyak orang yang merasa Iqbaal terkesan memaksakan perannya. hal ini dibuktikan dengan beberapa ungkapan-ungkapan romantis di buku yang terdengar kaku ketika diungkapkan Iqbaal pada Milea.

FYI, Iqbaal terpilih karena dua hal utama. Pertama, karena Iqbaal berdarah Sunda. Sehingga bakalan pas kalau memerankan tokoh Dilan yang sering berdialog atau tawuran dengan bahasa Sunda. Namun, poin ini memang kurang ditonjolkan sehingga banyak penonton yang masih belum menyadarinya. 

As we know, dibalik sifat nakal dan pemberontak, sebenarnya Dilan pintar dan selalu dapat ranking teratas. Nah, sosok intelek itulah yang terlihat dari Iqbaal. Hingga kini, Iqbaal masih menempuh sekolah di Amerika tapi selalu aktif berkarya. Hal itulah yang membuat Iqbaal pantas banget memerankan tokoh Dilan di film ini.

Ada Beberapa Scene yang Dihapus

foto: Youtube (Falcon Pictures)

Siapa sih yang nggak baper ketika membaca buku Dilan? Nggak cuma dipenuhi puisi romantis, berbagai tingkah unexpected dan penuh kejutan Dilan juga bikin novel karangan Pidi Baiq ini jadi popular. Sayangnya, dalam sebuah wawancara, sutradara Fajar Bustomi mengungkapkan kalau nggak semua scene romantis bisa divisualisasikan dalam film Dilan 1990. Hal ini dikarenakan Keterbatasan durasi 

Tapi jangan keburu kecewa ya! Sebab masih ada beberapa scene romantis yang masih dipertahankan dalam trailer tersebut. Sebut saja waktu Dilan melompati pagar, atau ketika Dilan memberikan TTS sebagai hadiah ulang tahun Milea. Hingga momen ketika Milea membonceng Dilan dengan motor klasiknya di ketika hujan. So sweet banget kan!

 

Dilan Asli Masih Hidup!

foto: Youtube (Falcon Pictures)

Hanya dengan membaca novelnya, siapa sih yang nggak jatuh cinta sama Dilan? FYI, karakter keduanya benar-benar nyata loh! Dalam sebuah wawancara, Ayah Pidi, sebutan Pidi Baiq mengungkapkan kalau dua karakter itu memang nyata dan masih ada. Untuk menulis buku Dilan: Dia Adalah Dilanku Tahun 1990, Dilan: Dia Adalah Dilanku Tahun 1991, hingga Milea: Suara Dari Dilan, Ayah Pidi harus mencari data, seperti nama minimarket yang sempat eksis di Buah Batu, tempat Milea melihat Dilan dan geng motornya.

Uniknya, Ayah Pidi bilang kalau Dilan itu masih ada dan masih tinggal di Bandung. Sayangnya, sosok Dilan sesungguhnya sudah menikah. Jadi nggak akan mungkin kembali dengan Milea yang kini bekerja di Jakarta. Untuk meredam spekulasi, beliau menekankan bahwa Dilan adalah Hamba Allah, sama seperti kita semua. Ayah Pidi juga menekankan kalau Iqbaal bukan Dilan. Iqbaal hanya aktor yang memerankan Dilan. Jadi, apapun yang dilakukan Iqbaal adalah berdasarkan arahan Ayah Pidi dan jajaran crew film. 

Jadi, siapa yang udah nggak sabar menonton film ini?

Share
Create Your Own Article!