Are You a Zetizen?
Show Menu

5 Hal yang Wajib Kamu Siapin Buat Berburu Barang Bekas!

5 Hal yang Wajib Kamu Siapin Buat Berburu Barang Bekas!

Kalau kamu suka belanja di mall, cobain deh sensasi baru dengan belanja barang second di pasar barang bekas. Ets, jangan salah kaprah dulu ya. Meskipun harganya terbilang miring, tapi soal kualitas, banyak yang nggak kalah, kok. Beragam barang mulai baju, jaket, hingga sepatu akan mudah kamu temui. Nah, sebelum berangkat, perhatikan 5 hal ini dulu ya, supaya momen belanja kamu nanti menyenangkan dan dapat barang bagus.

Mental Harus Siap

Ketika berburu barang bekas, kamu bakal dihadapkan dengan barang-barang yang udah lama. Terkadang, baunya juga kurang sedap. Nah, jangan sampai mental kamu terpatahkan karena hal ini. Dari awal kamu harus menyiapkan mental kalau nggak semua hal yang kamu liat nanti nggak seindah kalau belanja di Mall

Siapin Pakaian dan Tas yang Pas

Nggak semua Pasar Barang Bekas itu berpendingin ruangan, banyak juga yang tempatnya panas. Karenanya, kamu harus pakai baju yang nyaman supaya nggak kegerahan. Selain itu, tas juga perlu diperhatikan. Bawalah tas yang ukurannya pas, nggak terlalu kecil dan juga nggak terlalu besar. Tas yang besar bisa membuat kamu repot karena ruangan yang terbatas. Sebaliknya, tas yang kecil bisa nggak menampung jumlah belanjaanmu.

Harus jeli dalam memilih barang (Credit: Taufiq/Zetizen Team)

Siapin Mata yang Jeli

Berbeda dengan mall yang rapih soal penataan, Pasar Barang Bekas bisa dibilang sebaliknya. So, mata kita harus jeli dalam melihat banyak barang di sekitar, termasuk barang yang nyempil di sudut yang sekiranya sulit terlihat. Kalau udah dapat, perhatikan juga kondisi barang. Ada banyak cacat nggak dibarang yang mau kita beli, jangan sampe zonk.

Siapin Jurus Nawar

Ada berbagai jurus nawar yang kadang bikin kamu harus jadi raja tega, dari mulai nawar setengah harga sampai nawar dikit dengan taktik pura-pura pergi (biar dipanggil penjualnya). Oh iya kalau belanja di Pasar Barang Bekas ini, yang terpenting kamu nanya harga dulu, baru deh cek kondisi barangnya. Soalnya, kadang kalau kamu udah telanjur milih baru nanya harga, penjual suka menaikan harganya hehe. Mungkin karena dia tahu kamu naksir berat sama barang tersebut. 

Bersihkan Kembali Barangnya

Ketika belanja barang bekasnya selesai dan kamu pulang ke rumah, bukan berarti semuanya selesai. Perjuangan kamu masih terus berlanjut. Selanjutnya, siapkan pembersih untuk membersihkan Barang Bekas yang sudah kamu beli. Misalnya kamu beli barang seperti CD ataupun kaset, kamu bisa menggunakan lap khusus untuk membersihkannya. Kalau pakaian beda lagi, kamu bisa mencucinya dengan air mendidih. Kalau ngerasa masih kurang, cuci dengan disinfektan atau pembunuh kuman, supaya benar-benar bersih.

 

Editor: Ferry Sandi

RELATED ARTICLES

Please read the following article