Are You a Zetizen?
Show Menu

Klarifikasi Instagram: Nggak Ada Yang Berubah Kok di Feed-mu!

Zetizen Zetizen 30 Mar 2016
 Klarifikasi Instagram: Nggak Ada Yang Berubah Kok di Feed-mu!

Zetizen.com – Pasti pada heran kenapa banyak akun instagram yang meminta follower-nya buat turn on notification kemarin malam. Hal itu disebabkan rumor bahwa mulai hari ini  (29 Maret 2016), instagram bakal memberlakukan urutan timeline/feed nggak lagi berdasarkan kronologi, melainkan menurut prediksi post yang bakal di-like pemilik akun. But wait, instagram akhirnya mengklarifikasi bahwa nggak ada yang berubah kok di feed-mu!

Isu perubahan feed instagram berawal ketika sosmed itu menguji coba algoritma baru pada  15 Maret lalu. Meski dikabarkan akan diterapkan dalam beberapa bulan ke depan, banyak pengguna instagram termakan rumor bahwa mekanisme itu bakal berlaku hari ini. Makanya  beberapa jam lalu, instagram terus kebanjiran post tentang  kekecewaan para user.

Kekecewaan itu muncul karena selama ini banyak akun yang memanfaatkan instagram buat berbisnis, seperti endorsement dan sponsor. Selain berbekal konten yang dibikin sekreatif mungkin, mereka juga menganalisis jam-jam tertentu di mana timeline lagi ramai pengunjung. Nah dengan mekanisme feed instagram yang baru,  strategi mereka buat memanfaatkan prime time sudah nggak  berlaku lagi. That’s why mereka pada protes.

Tapi dengan statement instagram lewat Twitter, that means kebijakan tersebut masih belum diberlakukan! Namun, menyusul pengumuman tersebut, banyak pengguna instagram malah mengambil alih media sosial Twitter dan lainnya dengan hastag #RIPInstagram #boycottinstagram dan #keepinginstagramchronological sebagai bentuk protes mereka.

Di sisi lain, dalam sebuah petisi melalui Change.org, pengguna instagram meminta instagram untuk tetap menggunakan mekanisme feed lama atau seenggaknya memberikan pilihan untuk mengubah setting feed ke alogaritma sewaktu-waktu. (mirror/time/ndy/sam)

RELATED ARTICLES

Please read the following article