Are You a Zetizen?
Show Menu

Food Bank: Penyalur Sisa Makanan

Zetizen Zetizen 29 Mar 2016
Food Bank: Penyalur Sisa Makanan

Zetizen.com - Negara maju hingga negara berkembang membuang-buang makanan hingga1,3 miliar ton per tahun. Padahal, jumlah itu bisa memberi makan 870 juta orang di dunia. Untungnya, kebiasaan buruk itu berkurang karena adanya food bank. Bank makanan, apaan tuh? Apa sama kayak bank tempat menyimpan uang? Keep scrolling! (dhs/sam)

Food bank di Birmingham, Inggris. Foto: Birmingham

Apa sih food bank itu?

Food bank adalah organisasi non-profit yang berperan sebagai pusat koordinasi makanan sisa dan sumbangan dari berbagai sumber. Mulai dari pabrik makanan, restoran, hingga rumah tangga. Nantinya makanan itu diolah, disimpan, dijual, dan disumbangkan kepada konsumen yang membutuhkan, seperti posko pengungsian, panti asuhan, dan sekolah. Bank makanan pertama di dunia didirikan di Arizona, Amerika Serikat pada 1967 dan dinamai St. Mary’s food Bank. Sejak saat itu, ribuan food bank pun mulai didirikan di seluruh dunia.

 

Peran food Bank

Selain menampung makanan sisa agar nggak dibuang percuma, food bank juga punya peran penting lain.  Food bank menyediakan akses informasi tentang makanan murah bagi anggotanya. Organisasi itu juga menyebarkan informasi tentang pentingnya perencanaan sumber makanan dalam jangka panjang. Ia punya berbagai cara kreatif untuk memaksimalkan penggunaan makanan sisa. Makanya nggak heran kalau food bank paling sibuk pada momen-momen sebelum dan setelah Natal.

 

Bagaimana Cara food Bank Memperoleh Makanan?

Melalui dua cara yaitu pembelian dan sumbangan. Mereka membeli dari pabrik, toko, atau petani yang kemudian dikemas ke dalam tiga size yaitu kemasan kecil, sedang dan besar. Cara kedua adalah mendapatkan sumbangan makanan dari anggota atau dari sumber lain.

 

Makanan Apa Yang Bisa Disumbangkan?

Semua jenis makanan kemasan bisa disalurkan loh. Yang penting makanan kemasan itu belum kadaluarsa, higienis dan layak dikonsumsi. Ingat, food bank nggak me-recycle makanan, tapi cuma menyimpan dan mendistribusikan.

Makanan yang disalurkan lewat food bank. Foto: Appointusservices

 

Jenis food bank yang ada di dunia

Ada dua jenis food bank. Yang pertamanya sebagai penyalur kepada konsumen yang membutuhkan. Yang kedua adalah sebagai gudang perantara dari pemasok makanan sisa ke konsumen.

 

Adakah food bank di Indonesia?

Saat ini food bank yang ada di Indonesia masih berupa komunitas yang bernama foodbank of Indonesia atau FOI. Kalian bisa mengakses info tentang FOI di facebook  foodbank of Indonesia atau Twitter @FoodBankID. Meski belum punya cakupan luas dalam mendistribusikan makanan, FOI punya program-program menarik. Misalnya berbagi sarapan sehat kepada duafa dan lansia yang membutuhkan.  

RELATED ARTICLES

Please read the following article