Are You a Zetizen?
Show Menu

Gara-Gara Satelit Alami Gangguan, Ribuan ATM Mati, Kok Bisa Sih?

Bogiva Mirdyanto Bogiva Mirdyanto 30 Aug 2017
Gara-Gara Satelit Alami Gangguan, Ribuan ATM Mati, Kok Bisa Sih?

Zetizen.com - Udah hampir seminggu terakhir, ribuan mesin atm dari berbagai bank di Indonesia mati dan nggak bisa digunakan. Gara-garanya, salah satu satelit Telkom yang dgunakan sebagai poin komunikasi utama ATM-ATM ini mengalami pergeseran posisi antena. Efeknya sebagian jaringan atm dan beberapa jaringan TV pun terganggu.

Lho, emangnya apa sih hubungan antara satelit dengan ATM? Well, daripada kebingungan, yuk cari tahu gimana sih sistem kerja atm yang sebenarnya.

 

(foto: time)

Sistem Keamanan berlapis

Pada dasarnya, sebuah mesin atm itu merupakan terminal komputer yang memproses input dari pengguna, melakukan pengecekan ke pusat data di bank, dan mengonfirmasi serta mengeksekusi transaksi yang diinginkan.

Tentunya, langkah pertama menggunakan atm adalah dengan memasukkan kartu. Tiap kartu atm dilengkapi dengan magnetic chip yang berfungsi sebagai sensor pendeteksi identitas pemilik.

Setelah memasukkan PIN, data itu akan dienkripsi  (diproses) dengan rumus tertentu dari komputer di dalam mesin ATM. Proses ini berfungsi untuk membaca data kartu.

Kalau kartu sudah dibaca, maka informasi pemilik data akan dikirimkan pada pusat proses yang berfungsi sebagai jalur penghubung antar ATM. Rata-rata ATM, memproses data melalui tiga buah terminal. Yakni Terminal atm itu, terminal host, dan terminal pusat bank yang menyimpan data-data rekening nasabah. 

 

(foto: Antena VSAT)

Hanya atm Berkoneksi VSAT yang Terganggu

Nah, proses komunikasi antara temrinal atm dan host ini dapat dilakuan dengan beberapa cara. Salah satunya dengan memanfaatkan teknologi VSAT alias Very Small Aperture Terminal, yang menghubungkan langsung mesin atm dengan terminal Host.

Dibanding menggunakan kabel optik atau kabel telpon, sistem ini lebih efisien dan lebih murah. Soalnya, atm dapat diletakkan dimana saja dan tetap terhubung dengan terminal host yang terletak di perkotaan. 

Namun, sistem ini pula lah yang rentan mengalami kegagalan jika satelit yang digunakan mengalami gangguan. Yes, inilah penyebab hanya sebagian atm yang offline saat gangguan ini terjadi. ATM-ATM yang offline ini adalah yang memanfaatkan teknologi VSAT dan terhubung dengan satelit telkom 1. 

Sementara atm yang terhubung dengan kabel fiber optik atau terhubung dengan sistem VSAT ke satelit lain bakal baik-baik aja. 

 

Editor: Bogiva

RELATED ARTICLES

Please read the following article