Are You a Zetizen?
Show Menu

Astronom Temukan Angin Tercepat di Alam Semesta

Zetizen Zetizen 24 Mar 2016
Astronom Temukan Angin Tercepat di Alam Semesta

Zetizen.com – Menurutmu, ada angin nggak sih di luar angkasa? Ternyata ada! Meski nyaris hampa udara, angin masih bisa ditemukan oleh para ilmuwan antariksa dari York University, Canada. Mereka menemukan angin ultraviolet tercepat yang pernah pernah ada di alam semesta ini. Angin itu berkecepatan hingga 200 juta kilometer/jam itu ada di sekitar black hole.

ilustrasi ilmuwan tentang angin di sekitar black hole. Foto: howstuffwork

Karena asalnya saja beda, tentu angin itu jenisnya beda dengan yang ada di bumi. Angin tersebut merupakan hasil dari massa udara sekitar yang bergerak merespons tekanan dan suhu. Ia mengacu pada aliran energi, seperti plasma yang terpancar dari bintang. Makanya angin itu superkuat dan berbahaya.

Untuk meneliti angin ini, para ilmuan menganalisis data dari arus yang dikumpulkan dengan menggunakan Sloan Digital Sky Survey. Lalu, mereka memperkecil zona pencarian untuk dipelajari lebih lanjut menggunakan Gemini Observation di Hawai dan Chile. Alhasil ilmuwan juga menyatakan angin itu punya peran penting dalam pembentukan galaksi dan menjaga keseimbangan tata surya. Fenomena angin ultraviolet itu mengungkap banyak hal baru tentang tata surya yang belum manusia ketahui.

“Ketika galaksi terbentuk, angin ini melemparkan materi ke luar dan mencegah terciptanya bintang. Jika angin tersebut tidak ada atau kurang kuat, kita akan melihat jauh lebih banyak bintang di galaksi-galaksi besar,” Ujar Jesse Rogerson dari York University, Kanada, dilansir dari Science Alert. (dailymail/sciencealert/dhs/sam)

RELATED ARTICLES

Please read the following article