Are You a Zetizen?
Show Menu

Peran HoloLens di Masa Depan

Zetizen Zetizen 23 Mar 2016
Peran HoloLens di Masa Depan

Zetizen.com – Sebagai salah satu perangkat mixed reality pertama yang resmi komersil dan punya banyak dukungan, microsoft hololens menjanjikan banyak pengalaman digital baru buat penggunanya. That’s why, bukan nggak mungkin kalau teknologi holografik canggih yang jadi jantung hololens akhirnya bakal membuat perangkat ini makin melejit dan jadi penting di masa depan. Bahkan, teknologi hololens bisa aja berkembang sampai ke hal hal berikut. (Microsoft/ndy/giv)

 

Menggantikan Layar Konvensional

Layar 2D jadi benda masa lalu berkat hadirnya teknologi visualisasi hologram 3D (foto: microsoft)

 

Sekitar lima puluh tahun kedepan, tampilan visual berbasis layar kayak TV atau monitor PC tampaknya bakal mulai jarang ditemukan. Soalnya, teknologi augmented yang jadi basis hololens bakal semakin matang dan banyak digunakan. Hal itu membuat pengguna hololens bisa menonton film, pertandingan olahraga, konser musik, bahkan berkomunikasi hingga nge-game dengan proyeksi hologram tiga dimensi secara HD (High Definiton). Kemampuan mixed reality dari hololens pun bisa membuat benda sehari hari yang terlihat membosankan jadi hidup berkat interaksi dengan hologram digital.

 

Visualisasi dan Simulasi Secara Virtual

3D modelling dengan hololens mempermudah desainer dan artis dalam melihat hasil karya mereka secara realtime

 

Nggak cuma buat kebutuhnan hiburan, microsoft hololens juga mempermudah para desainer industrial, teknisi mekanik, arsitek, dan profesi lainnya dengan aplikasi 3D modelling berbasis hologram. Menggunakan aplikasi ini, para desainer mampu membuat model 3D fullscale dalam tampilan 3D holografik yang hasilnya langsung bisa disimulasikan secara realtime. Kebayang dong kerennya mendesain model 3D secara langsung dan bukan memanfaatkan proyeksi 2D layaknya aplikasi modelling di komputer biasa. Ohiya, nantinya hasil desain tersebut juga langsung bisa di cetak menggunakan printer 3D yang terhubung dengan sistem.

 

Eksplor dan Jelajah Tempat Via Hologram

HoloLens bisa menampilkan gambar dan suasana temapt manapun di dunia secara real

 

Teknologi mixed reality dari hololens yang sangat fleksibel bikin perangkat ini bisa menggantikan fungsi buku dan kegiatan belajar konvensional lainnya suatu saat nanti. hololens akan memungkinkan kamu lebih dalam menganalisa obyek penelitian lewat gambar holografik yang diproyeksikan. Misalnya seperti membedah struktur tubuh manusia, hewan, mengamati bebatuan di suatu lokasi, dan sebagainya.  

Selain bidang pendidikan, Menjelajah dunia secara digital alias virtual trip juga bisa banget dilakukan dengan HoloLens. Layanan yang disebut HoloTour ini bisa membawa kamu kelling dunia dan mendatangi situs bersejarah kayak Machu Pichu lewat tampilan holografik yang sangat nyata. Lebih keren lagi, nggak hanya mengunjungi tempat tempat di bumi, hololens juga bisa digunakan untuk menjelajah luar angkasa dan planet lain lewat proyeksi digitalnya. Now, how cool is that?

RELATED ARTICLES

Please read the following article