Are You a Zetizen?
Show Menu

Yuk Intip Serunya Liputan Eksklusif Zetizen Summer Class Ke Google For Indonesia

Zetizen Zetizen 27 Aug 2017
Yuk Intip Serunya Liputan Eksklusif Zetizen Summer Class Ke Google For Indonesia

Zetizen.com, Jakarta - Siapa sih yang nggak tau Google? Hampir setiap pertanyaan pasti kamu search di engine satu ini. Mulai, update berita idola, cara melupakan mantan, sampai tempat nongkrong kece. Kemarin 24 Agustus 2017, Zetizen bareng dua alumnus Summer Class Jakarta, Raihan dan Arsyil dari SMAN 3 Jakarta dapat undangan khusus ke acara Google For Indonesia.

Apa sih google for indonesia itu?

Jadi Google ini punya produk dan program baru eksklusif untuk Indonesia. Beberapa produk baru yang siap diluncurkan dalam waktu dekat ini adalah google station Wi-Fi, YouTube Go, dan Asisten Google dalam Bahasa Indonesia. google for indonesia ingin membuat Internet lebih bermanfaat dan relevan bagi orang Indonesia. 

“Tujuan kami di Google adalah membangun teknologi bukan untuk beberapa orang saja, tetapi untuk semua orang. Kami ingin setiap orang yang terhubung secara online mendapat manfaat sebanyak-banyaknya dari Internet seperti yang saya dan Anda dapatkan.” ujar Tony Keusgen, Managing Director Google Indonesia saat launching #GOOGLE4ID di Ciputra Artpreneur pada 24 Agustus lalu.

 

Hal Baru Apa Aja sih Yang Diumumkan Kemarin?

Youtube Go

Banyak banget sih inovasi yang dipersembahkan Google buat Indonesia. Yang paling seru ada Youtube Go! Jadi nggak ada lagi deh halangan nonton Youtube gara-gara minim kuota atau sinyal belum 4G. No more buffering! Kamu tinggal download Youtube Go di playstore, langsung deh bisa nonton tayangan Youtube favoritmu versi lebih hemat.

Serunya lagi pengguna Youtube Go bisa preview tayangan sebelum play. Bisa pilih ukuran file video juga sebelum disimpan secara offline kemudian ditonton kapan saja. Thanks mbah Google dan om Zuber Mohammed, Head of YouTube Marketing for Next Billion Users udah pengertian sama kaum fakir kuota kayak kita-kita ini.

 

Google Station

Nah kalau yang satu ini jawaban tepat buat para pemburu Wi-Fi gratisan. Google juga paham banget sama kelakuan orang Indonesia yang hobi internetan tapi males beli kuota. Rata-rata hanya modal doa dan berusaha cari spot Wi-Fi di seantero kota.

Google Station bakalan memfasilitasi kita dengan menyediakan hotspot Wi-Fi yang cepat, aman, dan mudah digunakan. Rencanyan google station ini akan hadir di Indonesia melalui kerja sama dengan FiberStar dan CBN. Mitra-mitra Google akan meluncurkan Wi-Fi berkualitas tinggi di ratusan lokasi di Jawa dan Bali dalam setahun ke depan.

FYI, program ini lebih dulu diluncurkan di India. Tepatnya di Mumbai Central station pada Januari 2016, dan akhir September ekspansi ke stasiun across the country, mall, tempat pemberhentian bus, cafe dan masih banyak lagi. Program ini dapat apresiasi sangat baik lo di sana.

Bahkan Google mengklaim bahwa layanan ini telah berkontribusi menolong jutaan orang bisa online setiap harinya.

Asisten Google dalam Bahasa Indonesia Allo

Adam Rodriguez, Product Lead, Google Allo, mengumumkan bahwa warga Indonesia kini dapat mencoba Asisten Google untuk pertama kalinya dalam Bahasa Indonesia melalui aplikasi chatting Allo. Asisten Google adalah asisten virtual cerdas milik Google yang didukung oleh machine learning, yang memungkinkan kamu berinteraksi dengan Google untuk melakukan berbagai hal.

Di Allo, kamu bisa menambahkan Asisten ke percakapan grup atau percakapan pribadi untuk mendapatkan bantuan dalam mencari restoran baru untuk dicoba, memeriksa skor harian sepak bola, dan bermain game dengan teman. Allo bisa kamu download id Google Play dan App Store Apple.

Shortcut di Google Search

Nggak hanya itu aja, Google juga bikin penyesuaian program khusus buat orang Indonesia pengguna aplikasi Google Search. Ken Tokusei, Director Google Search, sengaja menambahkan fitur bernama Shortcuts yang dapat di-tap untuk menjelajahi topik pilihan kesukaan kamu dengan lebih detail, seperti makanan & minuman di sekitarmu, jam tayang film, dan navigasi.

Ada juga fitur Feed​, yaitu konten yang dapat disesuaikan tentang topik favorit, hobi, dan berita yang sedang ngetren di Google App, didukung oleh machine learning. Selain itu, Indonesia menjadi negara kelima di mana Google meluncurkan informasi kesehatan di Google Search melalui kerja sama dengan jaringan rumah sakit Mitra Keluarga guna memberikan detail tentang gejala umum dan perawatan untuk 700 gangguan kesehatan paling lazim.

Waze Update Info Plat Nomor Ganjil Genap

Fiuhhh! Hidup jadi makin mudah nih. Bagi kamu yang tinggal di Jakarta nggak perlu lagi deg-degan takut ketilang gara-gara lupa plat nomor ganjil atau genap yang lagi dibolehin lewat di jalan utama.

Soalnya, aplikasi navigasi waze milik Google ini akan menambahkan fitur yang relevan bagi orang Indonesia, seperti penentuan rute baru berdasarkan pelat nomor ganjil dan genap yang membantu pengemudi di Jakarta mengikuti aturan kebijakan ganjil-genap.

Akhir tahun ini, waze juga akan menambahkan perintah suara Bahasa Indonesia tanpa perlu memegang ponsel, dan navigasi nama jalan dalam Bahasa Indonesia, serta serangkaian suara orang Indonesia. "Waze baru saja meluncurkan fitur perekam suara yang memungkinkan orang Indonesia merekam suara mereka sendiri di waze dan menggunakannya sebagai panduan navigasi di jalan raya," ujar Di-Ann Eisnor, Director of Growth Waze.

RELATED ARTICLES

Please read the following article