Are You a Zetizen?
Show Menu

Oombrella, Payung Pintar peramal Cuaca

Zetizen Zetizen 22 Mar 2016
Oombrella, Payung Pintar peramal Cuaca

 

Zetizen.com - Di cuaca yang nggak menentu kayak sekarang ini, hujan dan panas sering banget datang berganti secara tiba tiba. Buat menyiasatinya, Weezoo, sebuah perusahaan startup asal Perancis mengembangkan payung pintar yang nggak cuma bisa melindungimu dari hujan, tapi juga bisa memprediksinya. Nggak hanya itu, payung pintar bernama oombrella itu juga punya banyak fitur dan kecanggihan lain.

Kunci kecanggihan yang jadi ‘jantung’ oombrella ada pada komponen sensor yang terletak pada kapsul weatherproof di bagian gagang payung. Kumpulan sensor ini bisa mendeteksi berbagai komponen cuaca seperti kelembapan, suhu, tekanan, dan cahaya. Data yang diperoleh dari sensor tersebut selanjutnya akan dikirimkan ke smartphone penggunanya lewat koneksi bluetooth atau wi-fi. Nah, jika oombrella juga terkoneksi dengan internet, ia juga mampu memberi update tentang perkiraan cuaca sekitar dengan sangat akurat.

Lucunya, selain bisa mengingatkan pengguna akan kemungkinan datangnya hujan, oombrella juga bakal mengingatkanmu untuk mengambil ‘dirinya’ saat kamu lupa membawanya. Dipadu dengan sistem pelacak GPS, hal ini bikin kamu selalu bisa melacak keberadaan payungmu tanpa khawatir saat nggak sengaja meninggalkannya di suatu tempat. Dengan kata lain, payung ini anti hilang!

Notifikasi cuaca dan peringatan dikirim langsung ke smartphone pengguna (foto: Wezzoo)

 

Yep! Nggak Cuma anti hilang, oombrella juga di desain tahan banting dan sangat kuat. payung pintar yang satu ini rangkanya dibuat menggunakan perpaduan bahan logam ringan dan kevlar. FYI, kevlar merupakan bahan yang sangat kuat, tahan asam ataupun basa, dan mampu menahan suhu yang sangat tinggi. Nggak heran kalau bahan tersebut seringkali digunakan pada badan pesawat luar angkasa hingga rompi anti peluru.

Keren banget kan payungnya? Well, meski demikian, oombrella sendiri ternyata masih memasuki tahap pengembangan dan menunggu pengumpulan dana oleh sukarelawan. Namun payung yang akan hadir dalam tiga pilihan warna yakni hitam, putih dan shiny ini dijanjikan oleh pembuatnya bakal siap diluncurkan bulan Oktober 2016 nanti. So, buat yang nggak sabar menunggu payung ini rilis, siap siap aja pantau updatenya di laman resmi oombrella di website Kickstarter.(techtimes/digitaltrends/kickstarter/dhs/giv)

RELATED ARTICLES

Please read the following article