Are You a Zetizen?
Show Menu

Kata Tulus tentang Single Pamit

Zetizen Zetizen 20 Mar 2016
Kata Tulus tentang Single Pamit

 

Zetizen.com – Lirik yang sendu, irama yang merdu dan pembawaan yang syahdu bikin Pamit, single terbaru Tulus sukses menghanyutkan perasaan pendengarnya. Bahkan, demi menciptakan suasana yang makin bikin baper, video klip pamit sengaja di shoot sampai ke luar negeri loh! Penasaran ada cerita apa saja dibalik single baru yang satu ini? Langsung aja simak wawancara eksklusif tim Zetizen dengan Tulus lewat email berikut. (fer/giv)

Zetizen: Halo Tulus! Langsung aja yaa, saat ini single “Pamit” kan lagi booming banget. Ceritain dong, apa sih sebenarnya makna dari lagu itu?

Tulus    : Single terbaru Tulus yang diberi nama pamit ini bercerita tentang perpisahan dalam hubungan yang tidak menemukan titik temu.

 

Zetizen: Wah, galau juga ya ternyata inspirasinya. Terus kenapa pilih ‘Pamit’ sebagai judul nya?

Tulus    : Karena lagu ini bercerita tentang perpisahan dalam hubungan yang tidak menemukan titik temu, kata "Pamit" menurut saya cukup lugas jika didaulat sebagai judul.

 

Zetizen: Dengar dengar, shooting video klip pamit dilakuin di Republik Ceko ya? Kenapa pilih tempat itu? Adakah sesuatu di Ceko yang tidak dimiliki tempat lainnya?

Tulus    : Ketika pembuatan lagu selesai,  ide yang muncul untuk video klipnya adalah suasana dingin dengan suhu yang sangat rendah di sebuah kawasan industri tua. Yang terpikir saat itu adalah Praha. Dan kebetulan, ada proses kreatif terkait dengan album terbaru yang juga kami lakukan di Praha. Maka Praha dirasa tepat untuk klip "Pamit”.

              Namun sebenarnya, saya lebih senang jika suasananya lah yang lebih disorot, yaitu kawasan industri tua dengan suhu dinginnya, terlepas dari mana gambarnya di ambil, dalam hal ini kota Praha.

 

Zetizen: Berapa lama sih proses pengerjaan ‘Pamit’ sendiri?

Tulus    : Lagu "Pamit" ini banyak menghabiskan waktu untuk proses kreatifnya, yaitu sekitar 3 bulan. Namun untuk eksekusi di studio bisa terbilang singkat.

 

Zetizen: Nah, terus kesulitan apa sih yang paling terasa saat pengerjaan ‘Pamit’?

Tulus    : Alhamdulillah tidak ada kesulitan berarti, hanya saja kita harus beradaptasi pada suhu yang terlampau dingin, yaitu hampir -15’.  Sehingga diperlukan penyesuaian tubuh saat melakukan sebagian proses kreatif di Eropa.

 

Zetizen: Hal apa yang paling berkesan dari single ini?

Tulus    : Arensemen yang digunakan oleh saya dan produser Adi Renaldi pada single ini terhitung baru, Proses kreatif untuk meramunya lah yang terasa paling berkesan.

 

Zetizen: Apa sih momen yang paling berkesan selama proses penggarapan Single Pamit?

Tulus    : Saat bangun dari tidur yang tidak cukup mengobati penatnya tubuh, kala itu jam menunjukkan waktu 06.00 waktu setempat. Saya memandang salju yang turun deras di luar jendela. Saat itu saya bicara dengan diri saya sendiri "Jauh-jauh ke sini, jauh sekali dari Indonesia. Semoga apa yang kami kerjakan di sini, bisa jadi sesuatu yang bermakna". Momen itulah yang paling berkesan bagi saya, yaitu ketika letih yang dirasa termakan oleh semangat pada suatu subuh. 

 

Zetizen: Oh iya, saat ini Sahabat Tulus kan sedang menunggu album ketiga. Kira kira, udah sejauh apa nih pengerjaan albumnya? Dan kapan akan dirilis?

Tulus    : Untuk album, saat ini bisa dibilang penggarapan sudah mendekati 60%. Soal tanggal pastinya, belum bisa diinformasikan. Namun jika tidak ada halangan, dalam tahun ini album ketiga sudah bisa rilis.

 

Zetizen: Apa perbedaan antara album ketiga ini dengan 2 album sebelumnya? Perbedaan apa yang paling terlihat?

Tulus    : Ada nuansa aransemen yang baru di album ketiga nanti. Selain itu, lirik-lirik di album tiga kelak akan lebih beragam ceritanya. Terlebih, di album ini juga saya akan membawa pendengar ke ruang personal lewat lirik.

  

Zetizen: Nah terakhir nih kak, Berapa sih jumlah lagu yang bakal dimuat di album ketiga nanti?

Tulus    : Rahasia. Hahaha..

 

RELATED ARTICLES

Please read the following article